Rabu 25 Jun 2014 15:19 WIB

Malaysia Pilih Menteri Transportasi Baru

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Najib Razak
Foto: Bazuki Muhammad/Reuters
Najib Razak

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menetapkan menteri transportasi baru pada Rabu (25/6). Posisi yang sebelumnya ditempati oleh Hishammuddin Hussein ini dimandatkan kepada Liow Tiong Lai, mantan menteri kesehatan yang juga ketua Malaysian Chinese Association (MCA).

Sebelumnya, Hishammuddin yang merupakan menteri pertahanan menjalankan tugas sebagai menteri transportasi dan memimpin pencarian terhadap pesawat Malaysia Airlines MH370. Tahun lalu, MCA menolak posisi apa pun di kabinet pemerintahan Malaysia meskipun merupakan bagian dari partai koalisi.

Selain itu, disinyalir alasan karena partai Cina menjadi minoritas dalam deretan koalisi yang didominasi etnik Malaysia. Koalisi Barisan Nasional yang dipimpin Najib menang dalam pemilu pada Mei tahun lalu.

Saat ini selain Liow, dua politisi Cina lain menjabat posisi menteri dan tiga orang menjadi wakil menteri. ''Keputusan ini menunjukan keinginan saya untuk menunjukan cermin identitas bangsa kita,'' kata Najib dikutip AFP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement