REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Penggunaan handphone untuk transaksi perbankan dan berbelanja mengalami peningkatan pesat, khususnya di kalangan anak muda Australia. Sekitar 4 juta warga Australia saat ini menggunakan jasa mobile commerce tersebut.
Kemudahan teknologi informasi serta akses internet yang semakin luas mendorong aktifitas masyarakat semakin mudah. Anak-anak muda Australia yang lebih melek teknologi memanfaatkannya untuk mendukung aktifitas mereka.
Data dari Otoritas Komunikasi dan Media (ACMA) menunjukkan lonjakan peningkatan sebanyak 448 persen dibanding tiga tahun lalu. Data terbaru menunjukkan penggunaan mobile commerce meningkat pada bulan Desember 2013 menjadi 3,4 juta pengguna.
Laporan menunjukkan hampir empat juta orang Australia menggunakan handphone mereka untuk keperluan bisnis lainnya seperti mengecek rekening dan mencari produk-produk. Ini juga menunjukkan warga Australia yang lebih muda sepertinya lebih banyak menjalankan bisnisnya dengan handphone.
Pada kelompok usia 25-34 tahun, 55 persen menggunakannya untuk aktifitas perbankan, membayar tagihan, atau membeli barang-barang dan jasa.
Di kelompok usia 18 tahun dan lebih, hasilnya adalah 41 persen. Laporan itu mengatakan orang-orang yang menggunakan handphone untuk aktifitasnya, lebih dari setengahnya digunakan untuk belanja, sementara 85 persennya untuk transaksi perbankan.