Rabu 02 Jul 2014 02:58 WIB

Pemimpin ISIS Seru Umat Muslim Dirikan Khilafah

Rep: C66/ Red: Erik Purnama Putra
Pengungsi Irak
Foto: CNN
Pengungsi Irak

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyerukan umat Muslim di seluruh dunia untuk membangun sebuah negara Islam. ISIS mengajak umat Islam di berbagai belahan dunia datang ke Irak dan Suriah untuk bekerjasama dengan mereka.

Permintaan ini disampaikan oleh Abu Bakr al-Baghdadi, Pemimpin ISIS dalam sebuah pesan audio. Dia bahkan mengatakan, seruan tersebut merupakan kewajiban setiap Muslim. ISIS hendak membangun sebuah negara Islam dan membutuhkan banyak orang untuk mewujudkannya, demikian laporan BBC, Selasa (1/7).

Panggilan khusus ditujukan ISIS bagi para hakim, dokter, dan insinyur muslim di seluruh dunia. Mereka bahkan meminta orang-orang dengan keahlian militer dan administrasi datang kepada mereka, untuk bersama-sama membuat negara Islam di wilayah sekitar Irak dan Suriah.

Keinginan ISIS untuk mendirikan sebuah negara Islam (Khilafah) dinyatakan secara tegas dalam rekaman suara, yang disebar melalui sebuah laman. Dalam rekaman tersebut, ISIS juga mengumukan, Abu Bakr sebagai pemimpin umat Islam di seluruh dunia.

ISIS mengatakan akan terus memperluas wilayah kekuasaan mereka. Aleppo di Suriah, hingga Provinsi Diyala di Irak timur, disebut sebagai wilayah yang akan mereka kuasai secara menyeluruh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement