Ahad 06 Jul 2014 18:56 WIB

30 Wilayah Rusia Dibanjiri Pengungsi Ukraina

Pengungsi Ukraina tinggal di tenda-tenda sementara. (ilustrasi)
Foto: Reuters/Eduard Korniyenko
Pengungsi Ukraina tinggal di tenda-tenda sementara. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, VYTEGRA -- Lebih dari 30 wilayah Rusia saat ini menerima pengungsi dari Ukraina Tenggara yang sedang berperang. Demikian kata Menteri Keadaan Darurat Rusia, Vladimir Puchkov, Sabtu.

"Lebih dari 30 wilayah negara kita telah menanggapi seruan oleh badan EMERCOM Rusia dan dewan militer serta menyelenggarakan bantuan khusus ditargetkan kepada orang-orang yang terpaksa meninggalkan wilayah Ukraina," kata Puchkov pada upacara penutupan forum ketiga " Masyarakat dan Keamanan" seluruh Rusia.

Menteri mengatakan bahwa penyelamat bersama-sama dengan perwakilan dari pemerintah daerah telah mengerahkan pusat-pusat akomodasi sementara.

"Setiap orang menerima tidak hanya makanan, bantuan medis dan informasi, tetapi juga bagian dari jiwa, kehangatan dan dukungan dari setiap warga negara kita yang besar," kata Puchkov.

Warga Ukraina terus melarikan diri dari daerah Donetsk dan Lugansk di Ukraina timur di mana militer Ukraina, unit garda nasional dan gerakan ultranasionalis Sektor Kanan telah melakukan operasi hukuman terhadap warga yang menuntut federalisasi dan hak yang lebih besar untuk para pembicara bahasa Rusia.

Menteri Pembangunan Daerah Rusia, Igor Slyunyayev, mengatakan bahwa jumlah pengungsi Ukraina tiba di Rusia dari Ukraina Tenggara bisa mencapai 300.000 pada akhir tahun ini.

sumber : Antara/ITAR TASS-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement