Selasa 08 Jul 2014 15:17 WIB

Dalai Lama Kecam Serangan Umat Buddha Terhadap Muslim di Myanmar

Rep: mgrol22/ Red: Bilal Ramadhan
Dalai Lama
Foto: AP
Dalai Lama

REPUBLIKA.CO.ID, LADAKH-- Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama telah mengecam serangan ekstrim yang dilakukan umat Budha terhadap umat Islam di Myanmar dan Sri Lanka.

 

"Saya mendesak umat Buddha di negara-negara tersebut untuk membayangkan gambar Budha sebelum mereka melakukan kejahatan seperti itu," kata Dalai Lama di Leh, dataran tinggi Himalaya kepada Agence France Presse, seperti dikutip Onislam, Senin (7/7).

Umat Muslim di Burma dan Sri Lanka mendapatkan serangan yang berulang kali dilakukan oleh umat Buddha dalam beberapa bulan terakhir ini. Ratusan ribu umat Islam telah dipaksa meninggalkan rumah mereka di Rakhine, Myanmar sejak 2012 setelah serangan dari massa Buddha di daerah mereka.

Pekan lalu, ratusan ekstremis Budha  disertai biarawan menyerang wilayah yang dihuni mayoritas Muslim di kota Mandalay. Serangan mengakibatkan sejumlah muslim terluka dan perampokan terhadap harta benda milik muslim.

Pada bulan Juni, setidaknya tiga Muslim Sri Lanka meninggal dalam serangan ekstrimis Budha di kota Aluthgama dan Beruwala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement