Jumat 11 Jul 2014 09:15 WIB

Inggris Sambut Baik Utusan Baru PBB untuk Suriah

Sekjen PBB Ban Ki Moon
Foto: AP
Sekjen PBB Ban Ki Moon

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Menteri Luar Negeri Inggris William Hague menyambut baik penunjukan Staffan de Mistura sebagai Perwakilan Khusus baru Perserikatan Bangsa Bangsa di Suriah menggantikan Lakhdar Brahimi.

"Saya menyambut penunjukan Staffan de Mistura untuk menangani konflik yang memburuk dan telah menyebabkan ratusan ribu kematian, jutaan pengungsi, dan menciptakan ruang bagi ekstrimis," kata Hague, Kamis (10/7).

Ia mengatakan penunjukkan De Mistura adalah langkah tepat karena penyelesaian konflik di Suriah sudah sangat mendesak daripada sebelumnya. Ia pun menegaskan Inggris memberikan dukungan terhadap penujukkan De Mistura dan kinerjanya ke depan di Suriah.

"Transisi politik oleh kesepakatan para pihak Suriah, yang didukung oleh masyarakat internasional, tetap satu-satunya cara untuk menciptakan perdamaian yang berkelanjutan di Suriah. Wakil Khusus PBB baru memiliki dukungan kuat kami dalam upaya ini," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengumumkan penunjukan diplomat Italia-Swedia Staffan de Mistura sebagai utusan khusus baru bertugas menyelesaikan perang di Suriah. De Mistura menggantikan Lakhdar Brahimi, yang mengundurkan diri pada Mei karena gagal membawa hasil setelah dua kali upaya dialog damai.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement