Sabtu 12 Jul 2014 13:56 WIB

Gempa 6,8 SR Guncang Jepang

Rep: c88/ Red: Mansyur Faqih
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JEPANG -- Gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) mengguncang kawasan pantai di timur kota Iwaki di Pulau Honshu.

USGS menyatakan, pusat gempa berada 131 km dari Iwaki pada kedalaman 10 km di bawah laut. Peringatan tsunami telah dikeluarkan menyusul terjadinya gempa.

Pada 2011, gempa dahsyat telah mengguncang kawasan timur laut Jepang. Gempa itu memicu terjadinya tsunami hebat. Reaktor nuklir Fukushima bahkan ikut terkena dampak gempa besar tersebut.

Kantor berita NHK melaporkan, staf di Fukushima telah memeriksa apakah reaktor nuklir turut terkena dampak gempa Iwaki. Keterangan terakhir menyatakan bahwa keadaan di Fukushima masih aman.

Gempa di Iwaki termasuk dalam gempa sedang karena berada pada skala 1-7 SR. Koresponden NHK melaporkan, kecil kemungkinan terjadi kerusakan berat akibat gempa Iwaki.

Gempa 9 SR yang terjadi pada Maret 2011 menimbulkan tsunami besar di Jepang. Bencana itu menyebabkan 15 ribu orang meninggal dan 3.200 lainnya dinyatakan hilang.

Gempa itu juga mengakibatkan kerusakan pada reaktor nuklir Fukushima. Akibatnya warga di sekitar reaktor Fukushima dievakuasi guna menghindari bahaya radiasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement