Senin 14 Jul 2014 09:30 WIB

Paus Fransiskus: 1 dari 50 Pastur Pedofil

Paus Fransiskus
Foto: AP
Paus Fransiskus

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN -- Paus Fransiskus dikutip mengatakan bahwa data yang dapat dipertanggung jawabkan menunjukkan sekitar dua persen pastur di Gereja Katolik adalah pedofil. Kepada surat kabar Italia La Repubblica, Paus mengatakan pencabulan anak-anak seperti layaknya lepra yang menjangkiti Gereja.

Ia berjanji untuk menanganinya dengan keras. Namun juru bicara Vatikan mengatakan kutipan di surat kabar itu tidak sesuai dengan kata-kata Paus Fransiskus yang sebenarnya.

Dalam wawancara itu, Paus dikutip mengatakan bahwa perkiraan dua persen berasal dari penasehatnya. Angka itu merupakan sekitar 8.000 dari 414.000 pastur di seluruh dunia.

"Sekitar dua persen pedofil adalah pastur, uskup dan kardinal. Yang lainya, lebih banyak jumlahnya, tahu tapi tetap diam. Mereka menghukum tanpa memberikan alasan," kata Paus seperti dikutip koran itu.

"Masalah ini tidak dapat diterima," tambah Paus seperti dikutip BBC, Senin (14/7).

Hasil wawancara La Repubblica dengan Paus Fransiskus dimuat di salah satu halamannya dengan judul "Paus mengatakan: Seperti Yesus, saya akan menggunakan tongkat terhadap pastur pedofil."

Juru bicara Vatikan Federico Lombardi menyanggah Paus mengatakan bahwa ada kardinal yang pedofil. Tahun lalu, Paus Fransiskus memperkuat hukum Vatikan terhadap pencabulan anak. Bulan ini, Paus meminta maaf kepada para korban pencabulan oleh pastur dalam pertemuan dengan para korban untuk pertama kalinya sejak ia terpilih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement