Rabu 16 Jul 2014 19:06 WIB

Kontainer Kapal Dipakai untuk Rumah Murah di Brisbane

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, BRISBANE -- Kontainer kapal kini mempunyai kegunaan lain, yaitu untuk membangun rumah keluarga di Brisbane, Australia. Kontainer metal dan kontainer kapal sebelumnya memang sering digunakan untuk kantor sementara, gudang dan sel tahanan, tapi sekarang mulai dimafaatkan juga untuk rumah-rumah inovatif dan murah di Queensland.

Keluarga Archer di Brisbane barat termasuk yang menggunakan kontainer untuk rumah. Mereka baru saja membangun sebuah rumah tiga kamar dengan empat kontainer kapal. Keluarga ini menginginkan sebuah rumah yang sustainable dengan kemungkinan mandiri dari pasokan listrik, dan halaman belakang untuk anak-anak bermain dan sebuah kebun sayur.

Dalam waktu satu hari rumah itu berhasil disusun dan sekarang tinggal melengkapinya. "Kelihatan bagus dan ringkas, itulah yang kami inginkan," kata David Archer, baru-baru ini.

Arsitek Dan Burnett mengatakan, rumah-rumah dari kontainer bukan sekedar mode - tapi ini adalah jenis bangunan moduler untuk masa depan. "Ini merupakan opsi lebih murah daripada merenovasi rumah dan merupakan solusi yang baik atas kekurangan perumahan," katanya.

Bentuknya bisa bermacam-macam. Sebuah rumah di Graceville, Brisbane, dibangun dengan 31 kontainer.

Construction workers putting together a home made out of shipping containers

 

Tapi berbagai pihak juga melontarkan kritikan terhadap rumah kontainer.

"Rumah kontainer cocok di lokasi pertambangan atau di daerah terpencil dimana tenaga kerja sangat mahal atau ketika kita sedang terburu-buru, tapi di kota besar dan daerah  metropolitan bangunan biasa masih lebih murah," kata Scott Hutchinson dari perusahaan kontraktor bangunan Hutchinson Builders di Brisbane.

Namun perusahaannya membangun akomodasi mahasiswa di Canberra yang terbuat dari kontainer kapal.

"Tinggal di sebuah kontainer kapal sangat menarik dan memancing imajinasi," katanya.

China International Marine Containers (CIMC), pabrik kontainer kapal terbesar di dunia, mengatakan, konstruksi moduler menghemat hingga 20 persen dari biaya pembangunan gedung apartemen baru dan hotel-hotel di Australia.

"Bukan dipasang begitu saja sebagai kontainer kapal. Kontainer-kontainer itu bervariasi ukurannya dan menghemat biaya dan mempercepat proses pembangunan," kata John Zendler dari CIMC.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement