Rabu 16 Jul 2014 17:50 WIB

Parlemen AS Tambah Dana Iron Dome Israel

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Sistem pertahanan anti-roket Israel 'Iron Dome'
Foto: AP
Sistem pertahanan anti-roket Israel 'Iron Dome'

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON-- Panel senat AS menyetujui penambahan dana hingga 50 persen untuk sistem anti-misil Iron Dome Israel. Dilansir dari Maan News, langkah tersebut dapat menyediakan dana sebesar 621.6 juta dolar AS untuk program pertahanan misil Israel dalam kebijakan fiskal 2015 yang dimulai pada Oktober.

Dana tersebut termasuk 351 juta dolar AS untuk sistem Iron Dome jarak pendek yang telah diujicoba selama delapan hari ini. Pada tahun lalu, kongres menyediakan 235 juta dolar AS untuk Iron Dome. Gedung Putih meminta sekitar 176 juta dolar AS untuk sistem tersebut pada 2015.

Namun parlemen justru memberikan dua kali lipatnya. Kongres seringkali menaikkan dana proyek keamanan Israel yang diminta oleh presiden. Pendanaan tersebut merupakan bagian dari permintaan pemerintah sebesar 3.1 milyar dolar AS untuk dana bantuan militer Israel, penerima dana bantuan asing terbesar AS.

Pada Mei, DPR menyetujui undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional yang sesuai dengan usulan Senat untuk dana Iron Dome. Langkah senat merupakan bagian dari anggaran Departemen Pertahanan yang didukung oleh Subkomite Alokasi Senat yang memasukkan dana sebesar 549.3 milyar dolar AS dalam operasi militer 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement