Kamis 17 Jul 2014 20:50 WIB

Nigeria Cari Bantuan Militer 1 Miliar Dolar AS

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Citra Listya Rini
Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan
Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA – Presiden Nigeria menyatakan ingin meminjam dana sebesar 1 miliar dolar AS dari luar negeri. Dana tersebut digunakan untuk mempersenjatai dan melatih para militernya melawan para pemberontak. 

Associated Press melaporkan Presiden Goodluck Jonathan meminta persetujuan dari para parlemen dalam sebuah surat pada Rabu. Ia mengatakan uang tersebut dibuthkan untuk membuat militer lebih kuat menghadapi ancaman serius. 

Militer Nigeria selama ini telah dikritisi karena kegagalannya menghentikan lima tahun pemberontakan Boko Haram yang menyebar luas di negara tersebut. Kegagalan tersebut dikarenakan ketidakmampuan militer menyelamatkan lebih dari 200 siswi yang diculik oleh Boko Haram selama tiga bulan. 

Anggaran militer negara tersebut hanya sekitar 6.3 miliar dolar AS per tahun. Namun, dana tersebut justru banyak hilang karena dikorupsi. Dalam surat Jonathan tersebut disebutkan pinjaman dana termasuk rencana dengan pemerintahan lainnya dan tidak akan melebihi 1 miliar dolar AS. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement