Jumat 18 Jul 2014 00:11 WIB

Najib: Kami Sangat Terkejut Atas Insiden Ini

Rep: Elba Damhuri/ Red: Chairul Akhmad
Para penumpang mengantre masuk ke dalam pesawat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Para penumpang mengantre masuk ke dalam pesawat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- PM Malaysia Najib Razak mengaku sangat terkejut atas insiden jatuhnya Malaysia Airlines, Kamis (17/7), yang menewaskan 295 penumpangnya.

Najib langsung memerintahkan otoritas penerbangan Malaysia melakukan penyelidikan atas kecelakaan terburuk yang terjadi kedua kalinya pada tahun ini.

"Kami sudah perintahkan otoritas kami untuk melakukan investigasi sesegera mungkin," kata Najib seperti dikutip Bernama.

Pesawat MH17 ini berangkat dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur dan dilaporkan menghilang ketika berada di atas udara Ukraina. Otoritas penerbangan Malaysia menegaskan tidak ada kerusakan pesawat sebelum penerbangan.

Ini menjadi kecelakaan tragis kedua Malaysia Airlines setelah pada Maret lalu MH370 hilang yang menewaskan seluruh penumpangnya. Sejauh ini belum ada penjelasan dan pengakuan dari pemberontak pro-Rusia.

Hubungan Ukraina dan Rusia terus merosot akibat krisis politik yang terjadi di Kiev. Rusia menganeksasi Krimea dan menciptakan gerakan perlawanan di dalam negeri Ukraina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement