Jumat 18 Jul 2014 09:00 WIB

Serangan Darat Israel untuk Hadang Roket Hamas

Militer Israel bersiap melancarkan serangan darat ke Jalur Gaza.
Foto: Reuters/Ronen Zvulun
Militer Israel bersiap melancarkan serangan darat ke Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Israel Kamis larut malam meluncurkan operasi darat di Gaza untuk membasmi serangan-serangan roket. Demikian diungkapkan militer serta kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

"Menyusul serangan-serangan yang dilancarkan Hamas selama 10 hari dari darat, udara dan laut, dan setelah penolakan berkali-kali untuk menurunkan ketegangan situasi, Angkatan Darat Israel telah memprakarsai operasi darat di dalam Jalur Gaza," kata angkatan darat dalam sebuah pernyataan.

Kantor Netanyahu mengatakan perdana menteri dan menteri pertahanan memerintahkan angkatan darat untuk mulai menjalankan operasi darat dan memasuki Gaza untuk menyerang lorong-lorong teroris dari Jalur Gaza ke wilayah Israel.

''Keputusan itu disetujui oleh kabinet keamanan setelah Israel menyepakati proposal gencatan senjata Mesir, sementara Hamas menolaknya dan terus menembakkan roket-roket ke kota-kota Israel," kata pernyataan itu.

Angkatan darat mengatakan tujuan operasi itu adalah untuk melindungi kehidupan warga Israel dan menghancurkan Hamas yang menguasai Jalur Gaza.

"Tujuan IDF seperti yang ditetapkan oleh pemerintah Israel adalah mewujudkan keadaan di mana para warga Israel bisa hidup dengan aman tanpa terus mendapatkan teror," kata pernyataan itu.

Juru bicara militer, Jenderal Moti Almoz, mengatakan serangan darat itu merupakan tahap kedua operasi setelah bagian pertama yang sukses yaitu operasi serangan udara.

"Saya meminta para warga Gaza untuk mengosongkan wilayah di mana tentara (Israel) dengan menjalankan operasi," katanya dalam pernyataan yang disiarkan melalui radio."Operasi ini akan diperpanjang sejauh diperlukan," katanya.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement