Ahad 20 Jul 2014 13:50 WIB

Australia Turun ke Peringkat 76 FIFA

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Walau dianggap tampil cukup memuaskan di Piala Dunia, peringkat timnas Australia turun ke posisi 76 dalam peringkat Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

Di Piala Dnuia Brazil 2014, Australia kalah dalam tiga pertandingan, 1-3 melawan Chili, 2-3 melawan Belanda, dan 0-3 melawan Spanyol. Namun penampilan mereka terutama melawan Belanda dianggap mengesankan.

Sebelumnya, peringkat terendah yang pernah Australia singgahi adalah peringkat ke 92 pada tahun 2000 dan peringkat tertinggi mereka adalah 14 pada september 2009. Sedangkan keberhasilan Jerman memenangi piala dunia tahun ini berhasil membawa tim eropa ini kembali ke peringkat paling atas FIFA untuk pertama kalinya dalam 20 tahun.

Kemenangan 1-0 Jerman atas Argentina pada final piala dunia di Rio De Janeiro adalah faktor terbesar naiknya peringkat Jerman.  Di lain pihak, penampilan baik Argentina membuat tim amerika selatan ini naik tiga peringkat ke peringkat dua, sedangkan tim oranje Belanda naik ke peringkat tiga setelah mengakhiri Piala dunia sebagai juara ke tiga.

Tim Columbia yang dipunggawai oleh James Rodriguez meningkat hingga posisi empat di depan Belgia dan Uruguay, sedangkan Brazil sendiri turun ke peringkat tujuh.

Mantan juara dunia  Spanyol yang tersingkir di babak penyisihan dan sebelumnya berada di peringkat 1, sekarang merosot ke peringkat delapan,  menempatkannya di posisi delapan dengan Swis dan Perancis membuntutinya di peringkat sembilan dan sepuluh.

Keberhasilan Kosta Rika mencapai perempat final berhasil membawa tim ini naik 12 peringkat ke peringkat 16.

Sedangkan penampilan mengecewakan Inggris yang dipimpin oleh pelatih Roy Hodgson membawa tim tiga singa ini turun sepuluh peringkat ke peringkat 20, peringkat terendah mereka dalam 18 tahun.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement