Jumat 18 Jul 2014 12:56 WIB

Pemberontak Ukraina tak Sengaja Tembak MH17

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Pesawat Malaysia (ilustrasi)
Foto: REUTERS/Tomasz Bartkowiak
Pesawat Malaysia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Situs media sosial yang berhubungan dengan pemimpin tinggi pemberontak Ukraina menyebutkan pemberontak telah menembak jatuh pesawat transportasi militer di lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines. Pesawat nahas tersebut jatuh pada Kamis di dekat perbatasan Rusia.

Tanggapan dari komandan tinggi militer Republik Rakyat Donetsk mengisyaratkan para pemberontak telah menembak jatuh pesawat Malaysia Airline tanpa sengaja. Mereka mengira pesawat tersebut milik militer Ukraina.  

“Kami baru saja menembak jatuh pesawat An-26 di dekat Torez. Pesawat itu jatuh di dekat pertambangan Progress,” kata halam situs VK yang dikaitkan dengan Igor Strelkov, yang seringkali dikutip oleh media Ukraina.  

Pemberontak menembak jatuh pesawat lainnya An-26 di wilayah yang dikuasai oleh pemberontak di Ukaina timur pada 14 Juni lalu. Insiden ini menewaskan 49 tentara Ukraina.  

“Kami telah memperingatkan (pasukan militer Ukraina) untuk tidak terbang di langit kami,” kata Strelkov, seperti dilansir dari Channel News Asia. “Dan video ini menunjukan pesawat yang jatuh tersebut,” tambahnya.  

Website tersebut kemudian menyediakan link yang mirip dengan yang telah dipublikasikan oleh laporan media Ukraina terkait jatuhnya pesawat Malaysia Airlines. Dalam video tersebut menunjukan penduduk setempat yang merujuk pada tambang batu bara Progress yang disebutkan oleh Strelkov.

sumber : Channel News Asia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement