Sabtu 19 Jul 2014 13:49 WIB

Ini Video Terakhir Suasana Kabin MH17 Sebelum Jatuh?

Warga Ukraina di Philadelphia berkabung atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17
Foto: ap
Warga Ukraina di Philadelphia berkabung atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Video yang diduga kondisi kabin pesawat Malaysia Airlines MH17 sebelum take off beredar di media sosial. Video berdurasi 13 detik itu diambil oleh salah satu penumpang bernama MD Ali Md Salim dan kemudian diunggah ke Youtube oleh Plane Info.

Ia mengambil video itu sesaat sebelum take off dari Amsterdam menuju rumahnya di Malaysia. Kemudian ia mengunggahnya di Instagram melalui akun Halu Satonaka (@masa1777).

Dalam video terlihat penumpang yang tengah bersiap dan memasukan bagasinya sebelum berangkat.

Dalam akun Instagramnya, pria berusia 30 tahun itu terlihat mengutarakan ketakutannya untuk terbang. 

"Bismillah... #hatiadasikitgentar," tulisnya.

Video juga memerlihatkan adanya pengumuman dari pilot pesawat. "At the moment, we are on the final stages of boarding and cargo loading. Once again, please ensure all your phones are off for the flight to..." ujar pilot sebelum video berakhir.

Md Ali merupakan mahasiswa PhD jurusan psikologi di Universitas Erasmus Rotterdam. Ia dikabarkan hendak pulang untuk merayakan Idul Fitri di rumahnya di Muar, Johor, Malaysia.

Penerbangan MH17 menghilang dari radar di timur Ukraina beberapa jam setelah lepas landas dari bandara Schiphol, Amsterdam menuju Kuala Lumpur.  

Diduga, pesawat jatuh setelah ditembak sekitar 50 kilometer dari perbatasan Ukraina-Rusia. Dalam pernyataannya, Malaysia Airline menyebut, ada 298 penumpang dan 15 kru yang ikut dalam penerbangan.

Berikut video tersebut:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement