Selasa 22 Jul 2014 11:41 WIB

Wahai Pemuda, Gaza Memanggilmu! (2)

Israel serang rumah sakit di Gaza, Palestina.
Foto: AP
Israel serang rumah sakit di Gaza, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Amri Amrullah

Pemuda Muslim diimbau membaca qunut nazilah.

Pembelaan terhadap Palestina bukan hanya didasarkan semangat kesamaan agama mayoritas. Melainkan karena solidaritas kemanusiaan dan sadar akan pengalaman sejarah saat Indonesia dijajah oleh bangsa lain. “Seperti yang kita alami di masa lalu," ungkapnya.

Ia menegaskan, inilah komitmen HMI atas segala tindakan keji Israel. Ia telah menggerakkan HMI di seluruh Indonesia, telah dan masih terus melancarkan berbagai protes mengutuk kebiadaban Israel ini.

Tak terbatas pada kutukan dan bantuan, HMI berperan aktif di berbagai konferensi Palestina, salah satunya konferensi yang bertajuk Return to Palestine di Beirut, Libanon. “Kita intens mendorong pemenuhan hak untuk kembali bagi bangsa Palestina," ungkapnya.

Ketua Umum Lembaga Dakwah Kampus, Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia (Salam UI), Fariz Abdillah mengatakan, aksi biadab Zionis Israel bukan hanya membunuh dengan sengaja rakyat Gaza, melainkan sudah pada tingkatan kejahatan kemanusiaan pembantaian suatu bangsa (genosida).

Pihaknya telah melakukan langkah dan aksi nyata membantu rakyat Gaza. Bentuk dukungan Salam UI dan lembaga dakwah se-UI lakukan untuk Gaza di antaranya menginisiasi Lembaga Dakwah kampus se-Indonesia menggerakkan Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) peduli Gaza.

Bentuk konkretnya, saat ini Salam UI bersama gerakan, #LittleGiftforGaza, menyalurkan paket sembako untuk saudara-saudari di Gaza, Palestina.

Paket sembako seharga Rp 250 ribu dan Rp 350 ribu. Yang akan diantar langsung H-7 Idul Fitri 1435 H ke Gaza Utara, Gaza Tengah, Gaza City, dan Gaza Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement