Rabu 23 Jul 2014 22:47 WIB

Pesawat TransAsia Diduga Jatuh karena Topan Matmo

Rep: C92 / Red: Julkifli Marbun
TransAsia
Foto: Reuters
TransAsia

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Pesawat TransAsia Airways jatuh saat melakukan pendaratan darurat hari ini, Rabu (23/7). Ini dilakukan karena cuaca buruk setelah topan Matmo melanda Taiwan sore pagi tadi.

The Wall Street Journal melaporkan, 17 penerbangan internasional dibatalkan karena adanya topan ini. sejumlah penerbangan domestic juga dihentikan karena hembusan angin yang sangat kuat disertai hujan deras di seluruh pulau.

Topan ini terbentuk di Laut Filipina Selatan, pada pukul 08.30 waktu setempat. Biro Pusat Cuaca mencatat, angin topan tersebut bergerak dengan kecepatan tertinggi 137 km per jam. Ribuan orang mengungsi, pasar keuangan serta sekolah diliburkan karena kejadian ini.

Taiwan memang sering dilanda topan selama musim panas. Pada bulan Agustus 2009, topan Marokot menyebabkan sedikitnya 670 orang meninggal di Taiwan Selatan, dan menjadi topan paling mematikan dalam sejarah Taiwan.

Sebelumnya diberitakan, 51 orang meninggal dan 7 orang luka-luka akibat kecelakaan pesawat TransAsia Airways, termasuk 4 anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement