Kamis 24 Jul 2014 19:51 WIB

Kotak Hitam Kedua MH17 Diperiksa

Tempat jatuhnya MH17
Foto: Reuters
Tempat jatuhnya MH17

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kementerian Transportasi menyatakan para penyelidik Inggris mulai memeriksa kotak hitam kedua pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17 yang ditembak jatuh di atas Ukraina.

Badan Penyelidikan Kecelakaan Udara (AAIB) di Farnborough, baratdaya London, memeriksa perekam data penerbangan yang merekam berbagai informasi dari instrumen dalam pesawat.

Pada Rabu pakar AAIB mengambil "data valid" dari kotak hitam pertama yaitu perekam suara dalam kokpit, yang akan memberikan data percakapan pilot selama berjam-jam.

"Mereka telah mulai memeriksa Perekam Data Penerbangan," kata Juru Bicara Kementerian Transportasi kepada AFP, Kamis (24/7). "Analisa data akan dilakukan oleh sebuah tim internasional yang dipimpin oleh Belanda."

Kotak hitam tersebut yang dalam kenyataannya berwarna oranye itu dikirim ke Farnborough oleh Badan Keamanan Belanda (OVV) yang memimpin tim penyelidikan internasional atas tragedi yang menewaskan 298 penumpang pesawat, 193 diantaranya warga negara Belanda.

Pemberontak pro-Rusia yang menguasai wilayah jatuhnya pesawat menyerahkan kotak-kotak hitam itu ke pejabat Malaysia pada Selasa, menyusul adanya tekanan internasional terkait penanganan puing-puing pesawat serta mayat korban.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement