Sabtu 02 Aug 2014 20:08 WIB

Pemimpin Kelompok Nusra Tewas Dibom

Kekerasan panjang melanda Suriah.
Foto: Reuters/Mohammed Abdullah
Kekerasan panjang melanda Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Pemimpin lokal Front Al-Nusra yang berafiliasi dengan Al Qaida tewas karena satu pembunuhan setelah satu bom meledak di mobilnya. Demikian kata satu kelompok pemantau pada Sabtu.

"Pemimpin Nusra di Idlib (provinsi), Yaacub al-Omar, tewas Jumat malam ketika sebuah bom meledak di mobilnya dekat rumahnya di daerah Khan al-Subul," kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR).

''Dua putranya cedera akibat ledakan itu,'' kata SOHR yang bermarkas di Inggris itu.

Omar, seorang warga Suriah berusia 40 tahunan, mengambil alih sebagai pemipin lokal itu April setelah orang yang digantikannya Abu Mohammed al-Ansari dibunuh oleh gerilyawan Negara Islam (IS).

Kendatipun kedua kelompok itu memiliki akar Al Qaida, Nusra dan Negara Islam Irak dan Levant terlibat konflik sejak awal tahun 2014.

Kedua kelompok itu menentang pemerintah Suriah, tetapi Nusra bergabung dengan dengan kelompok-kelompok moderat dan gerilyawan Islam untuk memerangi IS dalam satu reaksi yang luas terhadap ideologi garis kerasnya dan penyiksaan terhadap para warga sipil dan pemberontak lawannya.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement