Selasa 05 Aug 2014 15:35 WIB

Rusia Gelar Latihan Militer Dekat Ukraina

Rep: Gita Amanda/ Red: Didi Purwadi
Tentara Rusia
Foto: voa
Tentara Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia mengumumkan menggelar latihan militer di dekat perbatasan Ukraina pada Senin (4/8). Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan kekuatan di tengah aksi tentara Ukraina merebut kembali wilayah dari separatis.

Angkatan udara Rusia mengatakan, lebih dari 100 pesawat termasuk jet tempur dan pesawat pembom mengambil bagian dalam latihan militer pekan ini. Latihan digelar di distrik militer di wilayah tengah dan barat.

Langkah ini menjadi alarm bagi kekuatan Barat, yang selama ini menuduh Rusia menempatkan pasukannya di sepanjang perbatasan dengan Ukraina dan mempersenjatai pemberontak. Meskipun Moskow membantah tuduhan itu.

Latihan militer termasuk praktek rudal dan akan membantu koordinasi antara penerbangan dan anti-rudal pertahanan. Kantor berita Interfax mengutip juru bicara Angkatan Udara mengatakan, pesawat pembom terbaru Rusia Su-24 turut ambil bagian. Selain itu jet Su-27 dan pesawat tempur MiG-31 juga turut serta.

Krisis Ukraina telah mendorong hubungan antara Rusia dan Barat ke level terendah, sejak Perang Dingin. Masing-masing pihak saling tuduh mendalangi peristiwa di Ukraina.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement