Kamis 07 Aug 2014 03:30 WIB

1.600 Tentara Israel Dilaporkan Terluka dalam Perang Gaza

Rep: C73/ Red: Didi Purwadi
Tentara Israel
Foto: EPA/Pavel Wolberg
Tentara Israel

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Media Israel mengatakan puluhan tentara Israel tewas dan lebih dari 1.600 lainnya terluka sebagai hasil dari serangan Tel Aviv di Jalur Gaza.

Seperti dilansir dari PressTV pada Rabu (6/8), para pejabat Israel mengatakan sedikitnya 1.620 tentara Israel telah terluka dalam konflik dengan pejuang Palestina selama beberapa minggu terakhir.

Seperti diberitakan media Israel, jumlah warga sipil yang terluka di atas 680 orang. Mereka terluka setelah pejuang Palestina menembakkan serentetan roket ke Israel sebagai pembalasan atas serangan mematikan di wilayah Palestina yang diblokade.

Militer Israel juga mengatakan kehilangan hampir 64 tentara dalam pertempuran dengan pejuang Palestina. Namun, Hamas mengatakan 150 tentara Israel telah tewas. Hal itu dipandang sebagai kerugian terberat bagi militer Israel dalam beberapa tahun.

Sejauh ini Israel telah membuat publik dalam ketidaktahuan mengenai jumlah pasti korban. Meningkatnya korban tewas dari pasukan Israel selama peperangan berlangsung di Gaza, telah mendorong tumbuhnya perlawanan atas perang di kalangan masyarakat Israel sendiri.

Ribuan warga Israel mengadakan beberapa aksi unjuk rasa menentang perang Tel Aviv di Gaza selama beberapa hari terakhir. Demonstran dari sayap kiri dan anti-perang mengecam keras pemerintah menarik Israel ke dalam perang dan tindakan militer yang berulang.

Sebuah survei terbaru yang diadakan lembaga di Israel, Panels Politics, mengungkapkan bahwa 66 persen dari publik Israel percaya bahwa perang tidak mencapai tujuannya. Hal ini datang sebagaimana pasukan Israel telah mundur dari Gaza, yang mengklaim bahwa mereka telah mencapai tujuan utama mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement