Kamis 07 Aug 2014 05:25 WIB

Rusia Hentikan Impor Pangan dari AS dan Uni Eropa

Rep: C80/ Red: Didi Purwadi
Vladimir Putin
Foto: EPA/Yuri Kochetkov
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah melarang negaranya mengimpor makanan dan pertanian dari negara-negara yang memberlakukan sanksi terhadap Rusia karena tindakan di Ukraina.

Putin menandatangani keputusan tersebut pada Rabu (6/8). Hal tersebut dilakukan untuk melindungi berjalannya perekonomian di negara bekas komunis tersebut.

"Pada penggunaan langkah-langkah ekonomi khusus terpisah yang bertujuan untuk memastikan keamanan Federasi Rusia," Kata Putin kepada CNN, Rabu (6/8).

Langkah itu diambil lebih dari seminggu setelah Amerika Serikat dan Uni Eropa meningkatkan sanksi ekonomi kepada Moskow karena mendukung separatis pro-Rusia melawan pasukan pemerintah Ukraina di wilayah timur Donetsk dan Luhansk di sepanjang perbatasan dengan Rusia.

Putin juga mengatakan tindakan akan diambil untuk mencegah lonjakan harga pangan di Rusia. Rusia merupakan importir terbesar di Eropa dalam komoditi hewan, daging, produk susu, buah-buahan dan sayuran. Menurut Uni Eropa, barang dari Uni Eropa mencapai 16% dari seluruh impor Rusia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement