Kamis 07 Aug 2014 12:57 WIB

Hanya 36 Persen Publik Akui Israel Menang

Rep: c64/ Red: Muhammad Hafil
Tentara Israel
Foto: EPA/Abir Sultan
Tentara Israel

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Pendapat publik Israel yang mengakui kemenangan Israel atas pertempuran dengan pejuang Palestina hanya sebesar 36 persen dari semua warga Israel. Sedangkan, 51 persen lainnya berpikir tidak ada pihak yang memenangkan pertempuran, seperti yang di lansir Middle East Monitor (MEMO), Rabu (6/8). 

Dalam surat kabar harian Israel Haaretz melaoprkan, hanya sekitar 26 persen warga Israel yang berpikir bahwa tujuan perang yang dikatakan Benyamin Netanyahu telah berhasil dicapai oleh Israel. Khususnya dalam penghancuran terowongan dan memojokkan serta menyerang Hamas. 

Sedangkan sekitar 56 persen akui tujuang Israel yang mampu tercapai sebagian saja. Dan, sekitar 13 persen percaya bahwa tidak ada tujuan perang yang berhasil dicapai oleh pasukan Zionis Israel. 

Bahkan, sekitar 53 persen dari warga Israel mengakui bahwa apa yang dilakukan Israel malah memperkuat Presiden Manmoud Abbas untuk melanjutkan negosiasi pembebasan Palestina. Di sisi lain, sekitar 37 persen lainnya menyatakan keengganannya dan sekitar lima persen hanya mengatakan tidak tahu. 

Pengamat memperkirakan bahwa persentase pendapat ini tidak akan pada tahap ini. Jika, Israel menyetujui permintaan yang sedang dibahas dalam pertemuan yang berlangsung di Kairo, Mesir. Dikarenakan akan mengurangi  proposi pendapat warga yang berpikir Israel meraih kemenang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement