Kamis 07 Aug 2014 19:42 WIB

Snowden Dapat Izin Tinggal Tiga Tahun dari Rusia

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Citra Listya Rini
Edward Snowden.
Foto: Reuters
Edward Snowden.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Mantan pegawai Badan Intelejensia Amerika Serikat (CIA) Edward Snowden mendapatkan izin tinggal selama tiga tahun dari pemerintah Rusia.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh pengacara Snowden Anatoly Kucherena seperti yang dilansir Digital Spy, Kamis (7/8). Kucherena mengatakan Snowden secara resmi mendapatkan izin tinggal sejak 1 Agustus 2014 silam.

“Keputusan aplikasi sudah diambil karena itu mulai 1 Agustus 2014 Edward Snowden sudah mendapatkan izin tinggal selama tiga tahun,” kata Kucherena. 

Tahun lalu Snowden mandapatkan jaminan sebagai pengungsi di Rusia setelah sebelumnya bersembunyi di Bandara Sheremetyevo. Snowden melarikan diri dari AS setelah mengungkapkan rincian tentang program pengawasan controversial pemerintah AS PRISM. 

Snowden memberikan Channel 4 Pesan Natal Alternatif di tahun 2013 dimana dia berpendapat privasi adalah penting. “Karena itu adalah apa yang memungkinkan kita untuk menentukan siapa kita dan ingin menjadi apa kita,” katanya kala itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement