Ahad 10 Aug 2014 20:21 WIB

Erdogan Ucapkan Selamat Tinggal

Rep: Elba Damhuri/ Red: Citra Listya Rini
Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto: AP Photo
Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Menjelang pelaksanaan Pilpres Turki pada Ahad (10/8) Perdana Menteria (PM) Recep Tayyip Erdogan mengucapkan selamat tinggal kepada rakyat Turki. Ini bukan ucapan perpisahan Erdogan sebagai PM atau isyarat bakal kalah dari perburuan posisi presiden Turki.

"Selamat tinggal kepada Turki yang tua," kata Erdogan seperti dikutip Hurriyet Turki, Ahad, merujuk pada Turki yang tradisional dan kolot. 

Menurut dia, Turki akan terus berlari menjadi negara modern, maju, dan kuat. Karena itu, ia mengaku siap dan optimistis terpilih sebagai presiden Turki menggantikan Abdullah Gulen.

Erdogan menyatakan dirinya akan terus berada di garda terdepan perjuangan Turki untuk menjadi negara besar dan sejahtera. "Kita ucapkan selamat tinggal untuk Turki yang renta," katanya.

Turki menggelar pilpres untuk pertama kalinya dalam 100 tahun sejarah demokrasi negeri itu. Tiga kandidat maju pada pilpres ini, yakni Erdogan dari partai penguasa (AKP), Ekmeleddin Ihsanoglu, mantan sekjen Organisasi Kerja Sama Islam yang dicalonkan partai oposisi, dan Selahattin Demirtas, yang dicalonkan Partai Demokrasi Rakyat (HDP) pro Kurdi.

Dari pemungutan suara sejak pilpres belum digelar, Erdogan sudah diprediksi memenangkan pilpres. Pada hitung cepat usai pencoblosan yang diikuti 53 juta warga Turki, Erdogan diprediksi meraih 53 persen suara. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement