Ahad 10 Aug 2014 23:21 WIB

Erdogan Diprediksi Menangi Pemilu Turki

Rep: c92/ Red: Fernan Rahadi
Turkey's Prime Minister Recep Tayyip Erdogan (file photo)
Foto: Reuters/Umit Bektas
Turkey's Prime Minister Recep Tayyip Erdogan (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Melihat perkembangan politik dan sepak terjang ketiga calon kandidat Presiden Turki saat ini, Dosen Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah yang juga alumni Universitas Ankara Turki, Deden Mauli Darajat mengatakan PM Turki Erdogan kemungkinan akan memenangi Pemilu Turki.

Berkaca dari pemilihan kepala daerah beberapa bulan Maret lalu, Deden mengatakan popularitas Erdogan jauh mengungguli dua calon lainnya. Dalam pemilihan lalu, partai AKP yang mendukung Erdogan menang dengan 46 persen suara, sedangkan partai CHP dan MHP yang mendukung dua calon lainnya hanya mendapat 20 persen dan 10 persen.

Deden juga menilai, secara personal popularitas Erdogan cukup tinggi. Ia telah menjadi Perdana Menteri Turki dari 2003-2014.  Selama menjadi perdana menteri, Erdogan menunjukkan track record cukup baik dengan mengubah kondisi politik dan ekonomi di Turki. Peningkatan itu, terutama dalam bidang ekonomi menurut Deden dirasakan oleh semua elemen masyarakat di Turki.

 Menurut Deden, popularitas Erdogan cukup stabil. Terbukti dengan berbagai isu negatif yang menempa dirinya, tingkat elektabilitas Erdogan tidak banyak berkurang.

Walaupun begitu, Deden mengatakan pemilu di Turki diperkirakan akan terjadi dalam dua putaran, mengingat dukungan terhadap AKP tidak lebih dari 50 persen. Ihsanoglu diperkirakan menjadi saingan kuat Erdogan dalam pemilu putaran kedua. Sedangkan Demirtas, yang mendapat dukungan Kurdi, menurut dia hanya pelengkap dalam pemilu kali ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement