Senin 11 Aug 2014 01:47 WIB

Menang Pemilu, Erdogan: Terima Kasih

Rep: c92/ Red: Mansyur Faqih
Recep Tayyip Erdogan
Foto: ap
Recep Tayyip Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Capres AKP sekaligus Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan akhirnya memenangkan pemilu pertama di Turki dengan suara sebanyak 53 persen. 

"Saya berdiri di sini di Istanbul untuk mengucapkan terima kasih. Namun saya akan memberikan pidato resmi di Ankara pada pukul 22.00 (waktu setempat),” kata Erdogan dalam pidato pertamanya seperti dilansir todayszaman.

Basis dukungan Erdogan telah meningkat secara signifikan ketimbang pemilihan lokal. Dalam pemilihan lokal, Erdogan hanya memperoleh suara sebanyak 45,5 persen. 

Sementara itu, jumlah keseluruhan suara Ekmeleddin Ihsanoglu dan Demirtas sebanyak 46 persen. Sebanyak 37,8 persen suara diperoleh Ihsanoglu. Sedangkan Demirtas hanya memperoleh suara sebanyak sembilan persen.

Erdogan memenangkan mayoritas suara di Istanbul dan Ankara dengan lebih dari 52 persen pemilih. Sementara di kota kelahirannya di Rize, ia memperoleh 80 persen suara. 

Di kota asal Ihsanoglu, Erdogan juga masih unggul dengan 66 persen suara. Sementara Ihsanoglu hanya mendapat 33 persen. 

Dengan terpilihnya Erdogan sebagai presiden baru Turki, Partai AK kini harus mempersiapkan calon baru untuk menjadi perdana menteri. Namun, komisi pemilihan Turki diperkirakan tidak akan mengumumkan hasil resmi apa pun hingga Senin.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement