Senin 11 Aug 2014 09:20 WIB

Hillary Clinton Salahkan Hamas dan Dukung Israel

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Didi Purwadi
Hillary Clinton
Foto: AP
Hillary Clinton

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Calon presiden potensial Amerika Serikat 2016, Hillary Clinton, memberikan dukungan yang kuat untuk Israel dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang saat ini sedang bersitegang dengan Presiden Barack Obama.

Israel telah menarik kecaman internasional atas kematian rakyat sipil Palestina dan penghancuran ribuan rumah selama perang berbulan-bulan dengan Hamas.

Istri mantan presiden AS, Bill Clinton itu mengkritik Obama yang justru menegur Israel setidaknya sekali selama konflik yang menyebabkan tewasnya rakyat sipil Palestina. Menurutnya, Israel hanya melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan untuk menghadapi roket Hamas.

"Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri. Hamas lah yang memutuskan meluncurkan roket dan mengontrol fasilitas dan pintu masuk terowongan di wilayah sipil. Ini membuat Israel kesulitan," ujar Clinton, dilansir dari Reuters, Senin (11/8).

Ketika ditanya apakah Israel sudah mengambil langkah yang cukup untuk menghindari kematian warga sipil, termasuk anak-anak, Clinton justru tetap membela Israel.

Menurutnya, AS juga selalu berhati-hati untuk menghindari korban sipil dalam perang, namun kadang-kadang kesalahan kecil bisa saja terjadi.

"Pada akhirnya, tanggung jawab ini terletak pada Hamas," tuding Clinton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement