Selasa 12 Aug 2014 04:57 WIB

PBB Bentuk Panel Investigasi Kejahatan Perang di Gaza

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Erik Purnama Putra
Warga Israel menggunakan batu untuk melawan persenjataan tentara Israel.
Foto: AP Photo
Warga Israel menggunakan batu untuk melawan persenjataan tentara Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- PBB menunjuk tiga ahli untuk duduk dalam komisi internasional untuk menyelidiki kemungkinan pelanggaran HAM dan kejahatan perang di Jalur Gaza, Senin.

Tiga orang ahli tersebut adalah profesor hukum internasional asal Kanada William Schabas sebagai kepala komisi, ahli HAM senior dari Senegal Doudou Diene dan pengacara Inggris keturunan Lebanon yang juga tunangan aktor George Clooney, Amal Alamuddin.

"Tim independen ini akan menyelidiki seluruh pelanggaran hukum kemanusiaan dan HAM  internasional dalam konteks operasi militer yang dilakukan sejak 13 Juni 2014," kata PBB dalam pernyataaanya, dikutip Reuters, Senin (11/8).

Komisi tersebut harus melaporkan temuannya kepada Dewan HAM PBB pada Maret 2015. Pejabat hak asasi manusia PBB Navi Pillay akhir Juli lalu mengatakan ia percaya Israel sengaja menentang hukum internasional dalam serangan militer di Gaza.

Menurutnya, dunia harus meminta pertanggungjawabannya atas kemungkinan kejahatan perang. Israel menyerang rumah, sekolah, rumah sakit dan satu-satunya pembangkit listrik Gaza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement