Selasa 12 Aug 2014 12:12 WIB

Liberia: AS Setujui Pemakaian Obat Percobaan Ebola

Petugas kesehatan Liberia mengevakuasi jasad korban Ebola dari rumahnya di Monrovia, Liberia, pada 8 Agustus.
Foto: EPA/Ahmed Jallanzo
Petugas kesehatan Liberia mengevakuasi jasad korban Ebola dari rumahnya di Monrovia, Liberia, pada 8 Agustus.

REPUBLIKA.CO.ID, DAKAR -- Pihak berwenang Amerika Serikat menyetujui permintaan dari pemerintah Liberia untuk mengirim sejumah obat percobaan untuk memerangi Ebola.

''Obat ZMapp tersebut sudah digunakan untuk merawat para dokter yang tertular Ebola,'' demikian keterangan dari kepresidenan Liberia.

Pernyataan pada laman kepresidenan Liberia menyatakan bahwa obat-obat tersebut akan dikirim ke negara Afrika Barat pekan ini oleh wakil pemerintah AS setelah permohonan langsung kepada Presiden Barack Obama pada Jumat oleh Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf disetujui.

Juru bicara Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat AS (HHS) mengatakan bahwa pemerintah AS membantu menghubungkan pemerintah Liberia dengan perusahaan pembuat obat.

ZMapp diproduksi oleh perusahaan obat Mapp Biopharmaceutical yang berpusat di California. Obat tersebut dipakai untuk merawat dua orang pekerja sosial asal AS serta seorang rohaniwan dari Spanyol yang tertular Ebola.

"Mengingat obat ini dikirim untuk pemakaian di luar AS, maka harus mengikuti tata cara dan peraturan ekspor," kata juru bicara HHS dengan menambahkan bahwa perusahaan obat bekerja langsung dengan pemerintah Liberia.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement