Selasa 12 Aug 2014 12:52 WIB

Tidak Ada Solusi Untuk Akhiri Terowongan Gaza

Rep: c64/ Red: Muhammad Hafil
 Warga Palestina mengamati bom Israel yang gagal meledak di Deir al-Balah, Gaza.
Foto: EPA/OLIVER WEIKEN
Warga Palestina mengamati bom Israel yang gagal meledak di Deir al-Balah, Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Seorang Komandan tentara Zionis Israel mengatakan, tidak ada solusi untuk akhiri terowongan Gaza. "Tidak ada solusi teknis di dunia yang secara efektif dapat mengakhiri ancaman terowongan," ujar Mayor Jenderal Shlomo Turgeman, Komandan Komando Selatan Zionis Israel 

Middle East Monitor (MEMO) mengutip dari surat kabar Yedioth Ahronoth Senin (11/8), Turgeman mengatakan tujuan dari Operasi Pelindung Edge adalah untuk menghancurkan terowongan tetapi, setiap kali terowongan ditemui Israel akan terus menghancurkannya.Namun, terowongan lainnya muncul kembali, Israel pun kembali menghancurkannya. 

MEMO melaporkan sebelumnya, pemerintah Israel mengatakan keberhasilannya menghancurkan terowongan di Gaza. Namun, hanya sekitar 26 persen publik Israel percaya tujuan Israel tercapai, khususnya dalam penghancuran terowongan-terowongan di Gaza. 

Bahkan, sekitar 53 persen dari warga Israel mengakui bahwa apa yang dilakukan Israel malah memperkuat Presiden Manmoud Abbas untuk melanjutkan negosiasi pembebasan Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement