Jumat 15 Aug 2014 20:27 WIB

Dewan HAM PBB Akan Kunjungi Iran

Rep: c83/ Red: Joko Sadewo
PBB
PBB

REPUBLIKA.CO.ID, NEWYORK -- Wakil ketua umum PBB untuk urusan kemanusian dan koordinator bantuan darurat Valerie Amos dijadwalkan akan melakukan kunjungan resmi ke Iran untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat negara tersebut. Amos akan mengunjungi Iran pada 17-18 Agustus mendatang.

"Dia diharapkan dapat menemui pejabat senior di Teheran. Pertemuannya akan fokus pada perluasan kerja sama regional untuk bantuan kemanusiaan dan memperkuat kemitraan antara Iran dan Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UNOCHA), " ujar juru bicara PBB Stephane Dujarric seperti dilansir Press TV.

Ini akan menjadi kunjungan resmi kedua Valerie Amos ke Iran dalam kapasitasnya sebagai sebagai sekjen PBB untuk urusan kemanusiaan dan koordinator bantuan darurat.

Amos pertama kali mengunjungi Iran September lalu dan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Iran, termasuk Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif.

Selama kunjungannya, Amos atas nama UNOCHA juga menandatangani kesepakatan dengan Iran untuk memberikan bantuan kemanusiaan di Timur Tengah.

"Kami siap untuk kerjasama yang efektif dan diperpanjang dengan PBB untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada orang-orang di wilayah ini dan percaya bahwa Iran memiliki potensi besar dalam hal ini," kata Deputi Menteri Luar Negeri Iran untuk Hukum dan Hubungan Internasional Abbas Araqchi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement