Jumat 15 Aug 2014 21:21 WIB

SBY: Indonesia Akan Terus Berjuang Bagi Kemerdekaan Palestina

Rep: C92/ Red: Djibril Muhammad
Sejumlah bocah bermain dibawah bendera Palestina saat aksi simpatik untuk Gaza di Bunderan HI,
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Sejumlah bocah bermain dibawah bendera Palestina saat aksi simpatik untuk Gaza di Bunderan HI,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dukungan Pemerintah Indonesia terhadap (kemerdekaan) Palestina kembali didengungkan. Kali ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato kenegaraannya menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

"Beberapa waktu lalu saya mengirimkan surat terbuka –open letter- kepada para pemimpin dunia agar memiliki sikap dan kesadaran bersama untuk menghentikan aksi kekerasan yang sungguh tidak proporsional dan tidak berperikemanusiaan oleh Israel atas penduduk Gaza dewasa ini. Indonesia akan terus berjuang bagi kemerdekaan Palestina, berdasarkan konsep dan solusi dua negara. Two State Solutions," kata SBY.

SBY juga menyebutkan bentuk dukungan lain Indonesia terhadap Palestina, seperti bersama pihak-pihak internasional, memperjuangkan hak-hak Palestina untuk mendirikan negara yang merdeka dan berdaulat.

Indonesia, ia menambahkan, juga memperjuangkan peningkatan status Palestina sebagai anggota penuh PBB dan membantu peningkatan kapasitas negara Palestina.

Mengenai Timur Tengah, terutama dalam kasus Suriah, SBY menyebutkan upaya Indonesia dapat berperan aktif menyelesaikan krisis di negara tersebut. "Saya juga telah berbicara dengan banyak tokoh dunia yang memiliki pengaruh besar bagi penyelesaian konflik Suriah," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement