Senin 18 Aug 2014 12:09 WIB

Hasil Autopsi Ungkap Michael Brown Ditembak Enam Kali

Rep: C92/ Red: M Akbar
keluarga michael brown
Foto: REUTERS/Mark Kauzlarich
keluarga michael brown

REPUBLIKA.CO.ID, FERGUSON -- Hasil otopsi mengungkap remaja kulit hitam Amerika Serikat (AS), Michael Brown, telah ditembak polisi sebanyak enam kali. Dari hasil tersebut memperlihatkan dua tembakan mendarat tepat di kepala.

New York Times melaporkan mantan kepala pemeriksa medis kota New York, Michael M. Baden, mengatakan salah satu peluru tersebut telah masuk ke bagian atas tengkorak Brown. Posisi peluru menunjukkan kepala Brown menunduk ketika peluru itu ditembakkan dan menyebabkan cidera yang fatal.

Baden yang melakukan otopsi atas permintaan keluarga korban mengatakan, peluru itu mungkin yang ditembakkan terakhir kali. Empat tembakan lainnya, kata dia, mengenai lengan kanan Brown. ''Semua peluru ditembakkan ke bagian depan. Tembakan diduga tidak dilakukan dari jarak dekat karena tidak ada residu pada tubuh korban,'' katanya.

Baden mengatakan, dari keenam tembakan tersebut, hanya 3 peluru ditemukan di tubuh Brown. Namun ia belum melihat hasil sinar-X yang akan menunjukkan secara tepat dimana peluru ditemukan dan memperjelas hasil otopsi.

Baden menekankan dalam kasus ini dirinya berusaha berada dalam posisi netral. Ia tidak menampik atau membenarkan penembakan itu. ''Kami memerlukan informasi lebih lanjut. Misalnya polisi harus memeriksa mobil untuk melihat apakah ada sisa tembakan di mobil polisi,'' kata dia.

Besarnya perhatian terhadap kakus ini, Baden mengaku telah membebaskan biaya 10 ribu dolar AS kepada keluarga korban. Baden dibantu Shawn L. Parcelss, asisten patologi yang berbasis di Kansas. Keduanya melakukan pemeriksaan selama empat jam Ahad kemarin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement