Selasa 19 Aug 2014 09:00 WIB

ISIS Klaim Tewaskan Puluhan Gerilyawan Kurdi

Milisi ISIS di Irak.
Foto: www.lobelog.com
Milisi ISIS di Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Gerilyawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS/IS) sejauh ini telah menewaskan puluhan pejuang peshmerga Kurdi dan menangkap 170 di antara mereka. Demikian klaim situs Twitter yang mendukung kelompok itu Senin.

''Kelompok itu juga telah menyita senjata dari para pejuang Kurdi,'' katanya. Tidak ada rincian tentang lokasi terjadinya bentrokan itu.

Sebaliknya para komandan Kurdi dan para pejabat dan televisi negara mengatakan Kurdi telah memenangkan kembali sebagian wilayah, termasuk Bendungan Mosul, dari gerilyawan Sunni yang telah mengalahkan pasukan Kurdi pada beberapa pekan terakhir.

Para pejabat mengatakan pasukan peshmerga Kurdi Irak didukung oleh serangan udara Amerika Serikat pada Ahad merebut kembali bendungan terbesar di negara itu dari pejuang jihad yang menyita pekan sebelumnya.

"Bendungan Mosul dibebaskan sepenuhnya," kata Ali Awni, seorang pejabat dari Partai Kurdi Irak, kepada AFP, dan menambahkan bahwa pertempuran sekarang terjadi di daerah terdekat Tal kayf.

sumber : Antara/Reuters/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement