Selasa 19 Aug 2014 11:00 WIB

Teheran Penuhi Instruksi IAEA Terkait Nuklir Iran

Instalasi Nuklir Iran
Foto: AP
Instalasi Nuklir Iran

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Kepala Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), Yukiya Amano pada Senin (18/8) mengatakan, Iran telah mulai melaksanakan tindakan yang bertujuan menyelesaikan masalah seputar rencana nuklir Teheran.

Ketika berbicara di bandar udara Wina setelah kunjungannya ke Iran, Amano memberitahu wartawan bahwa dari kelima langkah praktis dalam kerangka kerja sama, pekerjaan telah dimulai pada dua masalah yang berkaitan dengan kemungkin dimensi militer (PMD) dalam program nuklir Teheran --yang dijadwalkan dibawa paling lambat sampai tenggat 25 Agustus.

"Kami telah memulai, itu penting. Saya mengharapkan kemajuan akan dicapai selama satu pekan ke depan," kata ia menambahkan sebagaimana dikutip Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa.

Kedua masalah tersebut melibatkan dugaan mengenai dimulainya peledak berkekuatan tinggi, termasuk pelaksanaan percobaan peledakan kekuatan tinggi pada skala besar di Iran.

Selama kunjungannya, Amano mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior Iran termasuk Presiden Hassan Rouhani.

Amano mengatakan kunjungannya ke Iran bermanfaat dan menekankan bahwa ia gembira saat mendengar komitmen tegas dari Iran untuk menyelesaikan semua masalah masa lalu dan saat ini melalui dialog dan kerja sama dengan IAEA.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement