Selasa 19 Aug 2014 10:58 WIB

Obama: Seluruh Senjata Kimia Suriah Telah Dihancurkan

Rep: c66/ Red: Bilal Ramadhan
Dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah
Foto: Guardian
Dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON-- Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan seluruh senjata kimia yang ada di Suriah telah dihancurkan, Senin (18/8). Penghancuran dilakukan di atas kapal Angkatan Laut AS di Laut Mediterania.

Obama mengatakan, penghancuran seluruh senjata kimia di Suriah adalah pencapaian yang sangat penting. Namun, AS menyatakan akan terus memastikan Suriah memenuhi komitmen dalam menghilangkan seluruh senjata kimia berbahaya dari negaranya.

"Ini adalah langkah yang sangat penting dalam upaya kami melawan penyebaran senjata kimia pemusnah massal. Penggunaan senjata ini tidak akan pernah ditolerir oleh masyarakat internasional selamanya," ujar Obama dalam sebuah pernyataan, dilansir Sky News, Senin (18/8).

Pemerintah Suriah yang dipimpin oleh Presiden Bashar Al Assad sebelumnya telah menyetujui pemusnahan seluruh senjata kimia mematikan yang negara tersebut miliki. Persetujuan ini datang menyusul kecaman internasional akibat penggunaan senjata ini di pinggiran Kota Damaskus tahun lalu. Saat itu, sebanyak 1.400 orang dialporkan tewas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement