Selasa 19 Aug 2014 12:36 WIB

Gencatan Senjata Gaza Diperpanjang Sehari

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Serdadu di atas kendaraan lapis baja berjaga-jaga di dekat perbatasan Gaza usai gencatan senjata.
Foto: Reuters/Ronen Zvulun
Serdadu di atas kendaraan lapis baja berjaga-jaga di dekat perbatasan Gaza usai gencatan senjata.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA CITY – Para pemimpin Palestina dan Israel kembali menyepakati perpanjangan gencatan senjata selama 24 jam. Pembaruan gencatan senjata ini dilakukan sebelum gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir berakhir.

 

Dilansir dari Aljazeera, kesepakatan yang berhasil dicapai pada Senin, (18/8) dilakukan untuk menyalurkan aliran bantuan rekonstruksi Jalur Gaza setelah digempur selama lima pekan. Perang yang berkepanjangan itu pun telah berakhir lebih dari sepekan yang lalu ketika Mesir berhasil mencapai kesepakatan tiga hari gencatan senjata yang kemudian diperpanjang hingga lima hari dan berakhir pada Senin pukul 21.00.

 

Seorang pejabat Palestina mengatakan perpanjangan gencatan senjata yang terbaru ini akan memberikan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk menyelesaikan negosiasi. Sementara itu, seorang pejabat Israel dan seorang sumber keamanan menyebutkan permintaan perpanjangan gencatan senjata Mesir selama 24 jam ini dilakukan untuk membahas negosiasi.

 

Di Gaza, seorang pejabat senior Palestina mengatakan tak semua kesepakatan telah dicapai, termasuk dua poin yang diajukan oleh Mesir untuk melakukan kesepakatan yang lebih luas, serta pembukaan perbatasan Gaza agar barang kebutuhan warga dapat dikirim ke Gaza serta memperpanjang perbatasan maritim di Laut Mediterania.

 

Berbagai permasalahan juga masih belum disepakati termasuk permintaan Hamas untuk membuka pelabuhan dan bandara serta membebaskan para tahanan Palestina yang ditahan kembali oleh Israel. Israel menyatakan hanya akan membahasnya dalam perkembangan berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement