Kamis 21 Aug 2014 11:50 WIB

AS Kembali Serang ISIS

Pesawat tempur AS melancarkan serangan udara menggempur ISIS.
Foto: EPA/Mazen Mahdi
Pesawat tempur AS melancarkan serangan udara menggempur ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pesawat Amerika Serikat menghantam para gerilyawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS/IS) di 14 serangan udara dekat bendungan terbesar Irak dalam 24 jam terakhir. Serangan dilakukan di tengah ancaman ISIS untuk membunuh seorang wartawan Amerika yang kedua.

Sejak Selasa, pesawat-pesawat tak berawak AS dan jet-jet tempur menghancurkan atau merusak enam Humvee ISIS, tiga lokasi untuk perangkat peledak rakitan, satu tabung mortir dan dua truk bersenjata, kata Komando Pusat AS.

Serangan-serangan udara terbaru itu adalah yang ke 84 dilakukan sejak 8 Agustus. Dari jumlah tersebut, 51 dilakukan dalam mendukung pasukan Irak dekat Bendungan Mosul, yang sekarang di bawah kendali pasukan keamanan Irak dan Kurdi.

Pemerintah mengatakan serangan-serangan terbaru dilakukan untuk memperluas daerah yang dikendalikan Irak dan Kurdi.

"Serangan-serangan ini dilakukan berdasarkan kewenangan untuk mendukung keamanan pasukan Irak dan operasi kekuatan pertahanan Kurdi, serta untuk melindungi infrastruktur yang kritis, personil dan fasilitas AS, selain mendukung upaya kemanusiaan," katanya menambahkan.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement