Jumat 22 Aug 2014 13:56 WIB

Eropa Pertimbangkan Resolusi PBB Terkait Gencatan Senjata Gaza

Rep: c73/ Red: Bilal Ramadhan
Gaza, kembali diserang Israel setelah gencatan senjata tak lagi diberlakukan.
Foto: AP
Gaza, kembali diserang Israel setelah gencatan senjata tak lagi diberlakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA-- Beberapa negara Eropa dikabarkan tengah membahas resolusi Dewan Keamanan PBB, yang dimungkinkan untuk menyerukan kelanjutan gencatan senjata di Jalur Gaza. Hal itu di tengah kampanye militer Israel terhadap wilayah Palestina yang diblokade. Demikian seperti dilansir dari PressTV pada Jumat (22/8).

Diplomat PBB yang tidak disebutkan namanya, mengatakan pada Kamis (21/8) bahwa Inggris, Perancis dan Jerman telah berbagi elemen dari resolusi dengan anggota dewan. Anggota tersebut Yordania, yang disebut memiliki resolusi sendiri untuk gencatan senjata.

Para diplomat menambahkan, resolusi tersebut mencakup pembukaan perbatasan Gaza dan jaminan keamanan bagi Israel. Hal itu juga akan memasukkan tawaran Uni Eropa untuk mengambil alih perlintasan perbatasan Gaza.

Mereka menakankan, bahwa diskusi mengenai resolusi baru pada tahap awal. Karenanya tidak ada kerangka waktu untuk mengenalkannya. Sejak Juni 2007, wilayah Gaza telah diblokade oleh rezim Israel. Hal itu telah menyebabkan menurunnya standar hidup, dan meningkatnya pengangguran serta kemiskinan warga Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement