Sabtu 23 Aug 2014 04:45 WIB

Sedikitnya 30 Orang Dibunuh Di Masjid

Bendera Irak-Suriah/ilustrasi
Foto: whdh.com
Bendera Irak-Suriah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Sedikitnya 30 orang terbunuh ketika milisi pengikut aliran Syiah melepaskan tembakan di dalam satu masjid Sunni di Provinsi Diyala, di bagian timur Irak Jumat (22/8), kata satu sumber keamanan Irak.

Sumber itu mengatakan sedikitnya 30 jasad tiba di rumah sakit di kota Baquba. Para saksi mata menyakini korban lebih banyak daripada yang dibawa ke rumah sakit. Namun, mereka masih belum berani untuk mengecek langsung ke lokasi kejadian.

Disebutkan, kekerasan tersebut disayangkan karena berdasarkan perbedaan aliran. Padahal, dengan dilantiknya Perdana Menteri Haider al-Abadi yang merupakan penganut Syiah moderat diharapkan bisa menyatukan masyarakat Irak dan melawan ISIS bersama-sama.

Serangan-serangan di masjid-masjid sangat sensitif. Di masa lalu, serangan seperti itu menimbulkan balas dendam tak berkesudahan.

Salah satu yang cukup sadis adalah ketika pasukan milisi Syiah Irak mengeksekusi 15 pengikut Sunni dan kemudian menggantung mereka di tiang-tiang listrik di alun-alun di Baquba pada Juli lalu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement