Ahad 24 Aug 2014 12:12 WIB

Negara-Negara Arab Cari Solusi Ancaman ISIS

Rep: C67/ Red: Citra Listya Rini
ISIS
Foto: Reuters
ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Kerajaan Arab Saudi akan menjadi tuan rumah pertemuan menteri luar negeri dari negara-negara Arab yang direncanakan Ahad (24/8) watu setempat. Pertemuan tersebut akan membahas konflik di Suriah dan munculnya Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Osama Nugali, direktur departemen informasi pada Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan, pertemuan tersebut akan berlangsung di Jeddah. Mesir, Yordania, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA) diantaranya yang akan ikut dalam pertemuan tersebut.

Berdasarkan pernyataan kementerian luar negeri di Kairo sebagaimana dilansir Arabnews, Ahad (24/8) kemunculan ISIS merupakan sebuah ancaman.

“Ancaman yang ditimbulkan oleh IS untuk keamanan regional mendorong pertemuan ini,” bunyi pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri tersebut.

Karena itu, negara-negara Arab bersepakat untuk mencari solusi politik terhadap Suriah akibat krisis yang dialaminya. Menteri luar negeri Qatar, Khaled Al-Attiyah dengan tegas menolak kemunculan kelompok ektremis seperi ISIS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement