Selasa 26 Aug 2014 13:31 WIB

Pengusaha Perempuan Indonesia-Malaysia Jalin Kerja Sama

Pengusaha perempuan (Ilustrasi)
Foto: Inspiremymagazine.com
Pengusaha perempuan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Istri Perdana Menteri Malaysia Datin Paduka Sri Rosmah Mansor meresmikan kerja sama perdagangan antara pengusaha perempuan Indonesia dan Malaysia di Hotel Bumi Minang, Kota Padang, Sumatra Barat, Selasa (26/8).

Menurut Datin, secara lokal hubungan perdagangan antara Indonesia, khususnya Sumatera Barat dengan Malaysia sudah terjalin baik. "Maka dengan pengukuhan kerjasama ini, diharapkan akan bisa meningkatkan hubungan perdagangan yang telah ada," katanya.

Khusus untuk pengusaha perempuan menurut Datin, hubungan kerjasama perdagangan dua negara perlu ditingkatkan, secara lokal maupun global. "Pengusaha perempuan telah merambah dalam berbagai bidang usaha dan ikut perperan positif dalam perkembangan perekonomian dunia," kata dia.

Datin menyarankan, pengusaha perempuan dua negara untuk memanfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk terus mempererat hubungan kerjasama. "Teknologi memungkinkan untuk menghilangkan sekat antar-bangsa, sehingga perlu untuk dikuasai," kata dia.

Meski mendukung penuh kiprah pengusaha perempuan, namun Datin juga mengingatkan peran mereka sebagai seorang wanita.

Sementara itu, Ketua Kowani Dewi Motik Pramono dalam kesempatan yang sama menyampaikan, Indonesia dan Malaysia merupakan bangsa serumpun yang memiliki banyak persamaan. Seharusnya, persamaan itu menjadi salah satu faktor pendukung eratnya kerja sama dua bangsa. "Jika dua bangsa bekerja sama, banyak persoalan perekonomian bahkan sosial yang bisa diselesaikan," kata dia.

Peresmian itu ikut dihadiri Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Kepenggunaan Malaysia, Dato Hasan Malek, Dubes Malaysia untuk Indonesia, Ketua IWAPI Nita Yudi, Ketua Umum Kowani Dewi Motik Pramono dan puluhan pengusaha perempuan Indonesia dan Malaysia. Peresmian ditandai dengan pertukaran cenderamata antara perwakilan dua negara.Budi Suyanto

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement