Selasa 26 Aug 2014 14:58 WIB

Presiden SBY Pastikan Timor Leste Masuk ASEAN

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kanan)didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono (kanan)menerima kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak
Foto: Antara
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kanan)didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono (kanan)menerima kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak

REPUBLIKA.CO.ID, DILI-- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan pemerintah Indonesia tidak hanya mendukung namun juga menggalang dukungan bagi Timor Leste untuk dapat bergabung di ASEAN.

"Indonesia tidak hanya mendukung tapi terus menggalang negara-negara ASEAN lainnya," kata SBY saat jamuan santap siang di Istana Kepresidenan Nicolau Lobato di Dili, Timor Leste, Selasa.

Jamuan santap siang sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kenegaraan tersebut dihadiri Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao, mantan Perdana Menteri Timor Leste Mari Alkatiri dan mantan Presiden Timor Leste Ramos Horta.

SBY memuji perekonomian Timor Leste yang tumbuh pesat. Dalam catatan Bank Pembangunan Asia, Timor Leste mampu tumbuh 8,1 persen di 2013 dan diperkirakan tumbuh lebih tinggi menjadi 8,5 persen di tahun 2014.

Dalam kesempatan itu, SBY juga menyampaikan optimismenya terhadap pemerintahan mendatang di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menjaga dan meningkatkan hubungan baik dan kerja sama di antara kedua negara.

"Saya optimistis Pemerintah Indonesia di bawah presiden terpilih Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tetap berkomitmen untuk menjaga dan mempererat hubungan kerja sama dan persahabatan dengan Timor Leste," ujarnya.

Ia menambahkan hubungan kerja sama kedua negara terus berkembang dengan baik. Timor Leste merupakan tetangga dan sahabat yang penting. Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Presiden Yudhoyono beserta Ibu Negara Ani Yudhoyono juga menanam pohon di halaman depan Istana Kepresidenan Timor Leste.

Presiden Yudhoyono melakukan kunjungan ke Timor Leste selama dua malam, 25-27 Agustus 2014.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement