Rabu 27 Aug 2014 09:58 WIB

Abbas: Kondisi Gaza di Luar Imajinasi

Rep: C64/ Red: Julkifli Marbun
Serangan Israel ke Gaza.
Foto: Reuters
Serangan Israel ke Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Presiden Otoritas Mahmud Abbas menceritakan kondisi Gaza saat ini di luar imajinasi setiap manusia, khususnya situasi bencana kemanusiaan, laman Press TV melaporkan, Selasa (26/8).

Pernyataan tersebut dikatakannya setelah faksi Plaestina menegaskan bahwa gencajan senjata telah dicapai antara Israel dan Palestina di Kairo, Mesir  guna mengakhiri pertempuran diantara keduanya.

Ia berkata, kini bantuan rekontruksi Gaza sangat diperlukan khususnya membangun kembali rumah dan infrastruktur yang telah hancur akibat pertempuran yang berlangsung beberapa pekan.

Abbas mensedak agar negara donor internasional segara memberikan bantuannya bagi warga Gaza. "PBB segera mengirimkan bantuan kemanusiaan ke wilayah Palestina,".

Selain itu, ia pun menekankan perlunya setiap faksi Palestina untuk bergerak maju dengan rencana rekonsiliasi nasional. Dalam pernyataan Abbas, ia pun menyebut peran pejabat Qatar dan AS dalam mencapai kesepakatan gencatan senjata.

Gencatan senjata permanen mulai berlaku Selasa (26/8) pukul 07.00 malam waktu Gaza dan hal tersebut disambut meriah oleh para warga Gaza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement