Jumat 29 Aug 2014 23:57 WIB

Pasukan Rusia Masuki Ukraina Timur

Ukraina
Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Duta Besar Ukraina untuk Organisasi Keamanan dan Kerja sama di Eropa (OSCE) menuduh Rusia melakukan invasi langsung.

"Kami mencatat invasi langsung oleh militer Rusia ke timur wilayah Ukraina," kata utusan Kiev, Ihor Prokopchuk, kepada wartawan setelah pertemuan khusus badan keamanan Eropa itu untuk membahas perkembangan terbaru di Ukraina.

"Situasi telah sangat memburuk," katanya dalam bahasa Inggris mengutip penangkapan oleh pasukan reguler Rusia atas kota penting tenggara Novoazovsk dan beberapa kota sekitar lainnya.

Prokopchuk menggambarkan langkah terbaru Rusia sebagai pengulangan strategi di Semenanjung Crimea, yang dicaplok Moskow dari Ukraina pada Maret, setelah awalnya menyangkal pasukannya berada di sana.

"Ini adalah skenario yang sama yang dimainkan sekarang di bagian timur Ukraina ... Skenario diuji di Crimea dan apa yang kita saksikan hari ini adalah invasi dan langsung masuk pasukan Rusia ke bagian timur Ukraina," kata Prokopchuk.

Duta Besar Rusia untuk OSCE, Andrey Kelin, menegaskan bahwa tak ada personel militer Rusia yang aktif menyeberangi perbatasan ke negara bekas Soviet itu. Ia menegaskan tidak ada tentara Rusia di Ukraina timur.

"Hanya ada satu unit tentara Rusia karena mereka tidak sengaja menyeberangi perbatasan beberapa hari lalu," katanya, mengacu pada 10 tentara terjun payung yang Kiev katakan telah ditangkap pada Selasa (26/8).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement