Rabu 03 Sep 2014 22:06 WIB

Pasukan Israel Tahan Dua Nelayan Palestina

Rep: c64/ Red: Muhammad Hafil
Tentara Israel berjaga di perbatasan Jalur Gaza.
Foto: AP Photo
Tentara Israel berjaga di perbatasan Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Pasukan Israel menahaan dua nelayan Palestina di laut lepas Jalur Gaza, Rabu pagi ini (3/9), seperti yang dilansir Ma'an News Agency, Rabu (3/9).

Seorang karyawan dari sebuah organiasasi HAM yang berbasis di Gaza mengatakan, kapal perang Israel menghadang kapal nelayan milik Muhammad Zayid dan Mousa al-Sultan ketika mereka tengah memancing di lepas pantai Beit Lahiya di Jalur Gaza.

"Dimana pada akhirnya, pasukan Israel menangkap mereka dan menyita kapal mereka," ujar seorang karyawan tersebut yang tidak menyebutkan namanya.

Ia berkata, pasukan Israel telah menahan dua orang di lokasi yang tidak diketahui. Sejak Selasa (2/9) pasukan angkatan laut Israel telah dua kali menembaki nelayah Gaza dengan dalih para nelayan telah melampaui batas zona perikanan yang diizinkan.

Seoranng juru bicara militer Israel mengatakan, para nelayan Gaza telah memasuki zona perikanan terlarang di dekat Jalur Gaza utara. Dan, pasukan pun telah mengatakan kepada para nelayan untuk mundur, kemudian melepaskan tembakan peringatan ke udara dan membawa nelayan tersebut ke pusat interogasi.

Namun anehnya, juru bicara tersebut menolak untuk menyebutkan informasi terkait jarak ketika nelayan Gaza ditangkap oleh pasukan angkatan laut Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement