Kamis 04 Sep 2014 00:39 WIB

Wartawan AS yang Dipenggal ISIS Ternyata Warga Israel

Foto dari potongan video eksekusi Steven Sotloff
Foto: AP Photo
Foto dari potongan video eksekusi Steven Sotloff

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Wartawan Amerika Serikat Steven Sotloff, yang rekaman pembunuhannya oleh kelompok Negara Islam mengejutkan dunia, juga memiliki kewarganegaraan Israel. Demikian kata media Israel pada Rabu.

Suratkabar "Haaretz" mengutip keterangan juru bicara kementerian luar negeri yang menyatakan Sotloff (31) memiliki kewarganegaraan ganda, meskipun kementerian itu tidak memberi tanggapan ketika dihubungi AFP.

Baca Juga

Radio publik melaporkan bahwa keluarga Sotloff yang tinggal di Miami, Florida, adalah Yahudi dan ia pernah belajar di Herzliya di utara Tel Aviv.

Negara Islam tidak menyinggung Sotloff orang Yahudi atau Israel dalam rekaman video itu. Algojo bertopengnya menyatakan pembunuhan itu sebagai pembalasan atas perluasan serangan udara Amerika Serikat terhadap pejuang di Irak dalam sepekan belakangan.

Dalam tayangan terkini itu, Steven Sotloff dengan tenang berbicara di depan kamera bahwa ia korban dari keputusan Presiden Barack Obama untuk melancarkan serangan udara terhadap pejuang.

Pada akhir rekaman lima menit itu, yang ditemukan dalam jaringan kelompok pemantau terorisme SITE dan dilihat AFP, pejuang itu mengancam tahanan lain yang diketahui sebagai warga Inggris.

"Saya kembali, Obama, dan saya kembali karena kebijakan luar negeri sombong Anda terhadap Negara Islam," kata petempur berpakaian hitam itu sambil mengacungkan pisau tempur dan berbicara dengan logat London.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement