Kamis 04 Sep 2014 07:05 WIB

Israel Habiskan 2 Miliar Dolar Amerika dalam Perang Gaza

Rep: c74/ Red: Erdy Nasrul
 Bangunan masjid Aisha yang hancur akibat serangan udara Israel di kota Gaza, Senin (11/8).   (EPA/Mohammed Saber)
Bangunan masjid Aisha yang hancur akibat serangan udara Israel di kota Gaza, Senin (11/8). (EPA/Mohammed Saber)

REPUBLIKA.CO.ID, Tel Aviv--Serangan Israel ke Gaza menghabiskan dua setengah miliar dollar Amerika. Perang yang telah membunuh 2 ribu orang ini telah berlangsung dua ini. Dana yang paling banyak menyedot anggaran adalah biaya untuk membawa peralatan perang Israel ke jalur Gaza.

"Pengeluaran perang Gaza telah menghabiskan 9 miliyar Shekel, atau 2 Milliar dollar lebih." Kata Menteri Urusan Militer Israel Moshe Yaalon (4/9).

Baca Juga

Ia mengatakan biaya ini digunakan untuk angkatan darat, laut dan udara. Moshe mengatakan intersepsi roket Palestina oleh sistem rudal //Iron Dome// mengahabiskan 100 ribu dollar Amerika.

Sebuah gencatan senjata yang ditengahi Mesir antara Israel dan Hamas mulai berlaku 26 Agustus 2014. Kesepakatan yang dicapai di Kairo menetapkan blokade tujuh tahun Israel. Israel juga harus menjaminan bahwa tuntutan Palestina akan terpenuhi.

Lebih dari 2.000 warga Palestina tewas dan 10.000 terluka oleh pemboman Israel di Gaza setelah Israel melancarkan Operasi Pelindung Ujung 8 Juli 2014 untuk membasmi lintas batas serangan roket dari Hamas. Di sisi Israel, lima warga sipil dan 64 tentara tewas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement